Cara Merakit Komputer (Pc) Spesifikasi Standar Gaming Tidak Murahan

Hasil gambar untuk a Merakit Komputer
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, game-game PC juga ikut berkembang. Pada game PC modern, hampir niscaya memiliki gameplay yang menarik dan tampilan grafis yang memukau. Contohnya game-game populer menyerupai Overwatch, GTA V, CS:GO (Counter-Strike: Global Offensive), Call Of Duty: Infinite Warfare, FIFA 17, Battlefield 1, PES versi terbaru, PUBG : Player Unknown's Battle Grounds, dan masih banyak lagi. Beberapa game PC juga bahkan ada yang telah dilengkapi dengan teknologi VR atau Virtual Reality sehingga pemainnya bisa berinteraksi pribadi dengan simulasi lingkungan game yang dimainkan.
Komputer sebagai salah satu media hiburan niscaya sanggup menjalankan aneka macam macam game modern. Namun, tentu tidak semua komputer sanggup menjalankan game-gametersebut. Hanya komputer dengan label "gaming" atau mempunyai spesifikasi yang sesuai kebutuhan game yang sanggup menjalankannya. Memang, game-game PC modern mempunyai aneka macam fitur yang sanggup memanjakan para pemainnya. Untuk sanggup menikmati fitur-fitur game tersebut, tentu membutuhkan perangkat komputer yang memadai sehingga sanggup menunjukkan pengalaman bermain game lebih seru dan menyenangkan.
Lalu, menyerupai apa komputer yang sanggup menjalankan game-game modern ? Bagaimana spesifikasinya ?
Dalam artikel ini, akan menjelaskan spesifikasi PC gaming standar. Yang dimaksud standar berarti spesifikasi mid end untuk sanggup menjalankan game secara optimal. Mengingat, kebanyakan game PC terkini mempunyai spesifikasi kebutuhan yang tidak jauh berbeda. Berikut ini penjelasannya.
1.       Processor 4 Core/Threads
Pertama, game-game PC modern setidaknya membutuhkan CPU atau processor quad core (memiliki 4 core) atau mempunyai 4 threads. Banyaknya core/threadstentu akan menciptakan kinerja game lebih optimal sehingga gameplay-nya terasa halus dan nyaman tanpa mengalami lagProcessor dengan dual core (memiliki 2 core) bahwasanya masih sanggup menjalankan beberapa game modern menyerupai DOTA 2 dan PES versi terbaru Namun, kalau untuk menjalankan game simulasi open world semacam GTA atau game yang membutuhkan resource CPU tinggi, processor dual core akan terasa kurang optimal.
Saat ini, banyak gamer yang melaksanakan aktifitas multitasking seperti bermain gamesembari live recordinglive streamingvideo conference, dll. Aktifitas semacam ini tentu membutuhkan CPU yang bisa menangani banyak proses atau threads. Di sini, manfaat CPU 4 core atau lebih akan sangat terasa.
Yang perlu diingat, CPU atau processor yang digunakan minimal diproduksi 3 tahun/generasi ke belakang. Sebab, jikalau menggunakan processor generasi lawas tentu kinerjanya jauh ketinggalan jikalau dibandingkan dengan processor generasi terbaru ketika ini. Lagipula, processor 3 generasi ke belakang masih dijumpai di pasaran sehingga anda masih sanggup membelinya. Processor generasi lawas niscaya sudah tidak diproduksi lagi sehingga di pasaran hanya ada produk bekas. Contoh processor yang sesuai dengan spesifikasi PC gaming kali ini diantaranya.
·         Intel Core generasi ke-4 (Haswell)
o    Seri Core i3*, misal Core i3-4150, 4160, 4350, 4360, dll
o    Seri Core i5, misal Core i5-4460, 4590, dll
·         AMD APU generasi ke-4 (Kaveri)
o    Seri APU A8, misal A8-7600, 7650K, dll
o    Seri APU A10, misal A10-7700K, 7800, 7850K, dll
o    Seri Athlon X4, misal Athlon X4 840, 860K, dll
·         Seri AMD FX, misal FX-8310, 8320E, 8370, dll
*) Intel Core i3 hanya mempunyai 2 core, tapi berkat teknologi HyperThreading sanggup mengeksekusi 4 threads.

2.       GPU (Graphic Processing Unit)/VGA Card dengan pemberian DirectX 11 dan VRAM 2GB
salah satu komponen penting yang dihentikan ditinggalkan pada PC Gaming yakni VGA Card atau kartu grafis. Komponen inilah yang akan memproses fitur grafis dari sebuah game menjadi tampilan yang memukau. Oleh lantaran itu, untuk mendapat tampilan game yang manis dibutuhkan VGA Card dengan GPU berkinerja gaming optimal. Apalagi jikalau kebanyakan game terkini sangat membebani perangkat grafis demi menghasilkan tampilan yang nyaman.
salah satu komponen penting yang dihentikan ditinggalkan pada PC Gaming yakni VGA Card atau kartu grafis. Komponen inilah yang akan memproses fitur grafis dari sebuah game menjadi tampilan yang memukau. Oleh lantaran itu, untuk mendapat tampilan game yang manis dibutuhkan VGA Card dengan GPU berkinerja gaming optimal. Apalagi jikalau kebanyakan game terkini sangat membebani perangkat grafis demi menghasilkan tampilan yang nyaman.
Pada spesifikasi PC gaming kali ini minimal dibutuhkan VGA Card yang mendukung DirectX 11 dan mempunyai VRAM (Video RAM) berkapasitas 2GB. VGA Card dengan spesifikasi tersebut tentu sudah sanggup menjalankan game-game PC modern dengan resolusi tinggi. Saat ini sudah banyak VGA Card yang telah mendukung DirectX 12 semenjak hadirnya Windows 10. Namun, kebanyakan game PC modern masih menggunakan basis DirectX 11.
Sama seperti processor, VGA Card yang digunakan setidaknya dengan GPU 3 tahun/generasi kebelakang. Alasannya kinerjanya masih tergolong memadai dan masih sanggup ditemui di pasaran. Beberapa pola GPU yang sesuai dengan spesifikasi PC gaming kali ini diantaranya.
·         AMD Radeon seri 200, misal R7 265, R9 270
·         NVIDIA Geforce
o    Seri GTX 600, misal GTX 650 Ti, 660, 660 Ti, dll
o    Seri GTX 700, misal GTX 750 Ti, 760, 770, dll
Pada processor modern menyerupai seri Intel Core i dan AMD APU, telah dilengkapi IGP (Integrated Graphic Processing) atau processor grafik terintegrasi. IGP menjadi solusi murah daripada harus membeli kartu grafis terpisah yang biasanya dibanderol cukup mahal. Selain itu, IGP modern juga mempunyai spesifikasi dan kinerja yang tidak kalah manis dari GPU kelas low-end. Hanya saja, IGP harus menggunakan VRAM dengan cara menyebarkan (shared) dengan memori utama (RAM). Umumnya, IGP hanya menggunakan VRAM maksimal 1GB. VRAM 1GB mungkin masih bisa digunakan untuk memainkan game dengan resolusi sedang.
IGP pada processor modern bahwasanya bisa menghasilkan tampilan game dengan cukup manis meski resolusinya tidak terlalu tinggi. Agar IGP sanggup bekerja dengan baik, diharapkan memori RAM berkecepatan tinggi dengan sistem dual channel (kanal ganda). Sistem dual channel dapat memberikan bandwidth tinggi pada VRAM sehingga IGP bisa mencapai resolusi maksimal.

3.       Memori RAM berkapasitas 4-8GB

Memori RAM menjadi salah satu komponen penting penunjang kinerja PC gaming. Standar memori RAM yang digunakan untuk PC gamin  minimal berkapasitas 4GB. Sebenarnya, RAM berkapasitas 4GB juga tidak sanggup dikatakan cukup untuk kebutuhan gaming, mengingat beberapa game PC modern membutuhkan lebih dari 6GB.
Jenis memori RAM yang digunakan minimal DDR3-1600. Jenis memori tersebut sudah mulai agak lama sehabis munculnya teknologi memori DDR4. Namun, DDR3 masih sangat memadai dan masih banyak dijumpai di pasaran. Agar kinerja game lebih bagus, memori RAM yang digunakan mesti dipasang secara dual channel. Sistem memori dual channeldapat mempercepat proses transfer data sehingga sanggup meningkatkan kinerja komputer.

4.       Hard disk berkapasitas 500GB atau lebih

Beralih ke media penyimpanan, spesifikasi hard disk untuk PC gaming standar  minimal berkapasitas 500GB. Game-game PC modern ketika ini semakin "gemuk" sehingga membutuhkan penyimpanan yang luas. Hard disk berkapasitas 500GB sudah sangat cukup untuk menyimpan data game PC modern. Namun, jikalau kapasitas 500GB dirasa kurang, anda juga bisa menggunakan HDD dengan kapasitas 1TB yang harganya juga tidak terlampau mahal.
Anda boleh juga menjatuhkan pilihan media penyimpanan pada SSD (Solid State Drive). SSD mempunyai kecepatan transfer data yang jauh lebih kencang ketimbang hard disk biasa. SSD terang sanggup meningkatkan kinerja PC gaming dengan sangat optimal. Sayangnya, SSD harus ditebus dengan biaya yang cukup mahal.

5.       Sistem operasi 64-bit

Jika melihat spesifikasi di atas, maka sistem operasi yang cocok untuk menjalankan PC gaming standar yakni sistem operasi 64-bit. OS 64-bit akan berjalan optimal pada processor atau kartu grafis modern dan memori RAM 4GB atau lebih. Karena kebanyakan game PC modern dibangun untuk platform Windows, sistem operasi yang harus dipasang minimal Windows 8.1 64-bit. Meski begitu, masih banyak game PC modern yang sanggup dijalankan pada Windows generasi lama menyerupai Windows Vista SP2, Windows 7 SP1, atau Windows 8.
Selain Windows, sistem operasi yang sanggup dipasang yakni Linux 64-bit. Hal ini berkat aplikasi distributor game secara online, Steam yang sudah mendukung platform Linux. Hanya saja, game untuk platform Linux tidak sebanyak game untuk OS Windows.

Perangkat lainnya

·   Monitor dengan resolusi minimal 1024 x 768 atau ukuran layar 16". Jika ingin mendapat pengalaman gaming yang nyaman, disarankan menggunakan monitor dengan ukuran layar minimal 20" dan sudah mendukung sinyal digital alasannya yakni VGA Card/IGP modern kebanyakan menggunakan konektor digital untuk memaksimalkan fitur.
·         DVD-ROM untuk media instalasi sistem operasi, driver, atau aplikasi game.
·      Koneksi internet baik via LAN atau Wifi. Disarankan menggunakan koneksi internet kecepatan tinggi biar lebih mengoptimalkan gameplay khususnya pada game online.
·         Perangkat audio standar
·     Keyboard dan mouse standar, tapi akan lebih baik jikalau menggunakan keyboard mekanik dan mouse gaming.
·        Motherboardcase, dan PSU (Power Supply Unit) tinggal menyesuaikan komponen di atas atau platform yang digunakan.
Jika disimpulkan, spesifikasi standar PC gaming  adalah
·         CPU 4 core/threads (disarankan rilis 3 generasi kebelakang)
·    VGA Card dengan VRAM 2 GB dan mendukung DirectX 11 (disarankan rilis 3 generasi kebelakang)
·         Memori RAM 4 GB (disarankan 8 GB)
·         Hard disk berkapasitas 500 GB
·         Monitor dengan resolusi 1024 x 768
·         Sistem operasi minimal Windows 8.1 64-bit
Spesifikasi PC di atas tidak hanya sanggup digunakan untuk kebutuhan gaming saja, tapi juga untuk kebutuhan mainstream (office, browsing, dan media center) serta workstation seperti graphic design, video production, dan content creation. Komputer dengan spesifikasi di atas dipastikan sanggup menjalankan berbagai game modern termasuk e-sport dengan resolusi low-to-medium end bahkan hingga high-end. Penjelasan di atas bisa menjadi panduan dan rekomendasi bagi anda yang ingin bermain game di PC atau membeli/mengganti hardware PC yang baru. Silahkan sesuaikan spesifikasi PC gaming di atas dengan budget dan kebutuhan yang akan anda gunakan. 
Demikian artikel yang sanggup aku rangkum dan semoga bias bermanfaat buat para penggila game online yang ingin merakit PC gaming sendiri.
Selamat merakit PC gaming.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merakit Komputer (Pc) Spesifikasi Standar Gaming Tidak Murahan"

Post a Comment