11 Alasan Mengapa Linux Lebih Baik Daripada Windows

Alasan Mengapa Linux Lebih Baik Daripada Windows 11 Alasan Mengapa Linux Lebih Baik Daripada Windows
Halo teman tekno? Apakah Anda bertanya-tanya apakah Linux lebih baik daripada Windows ? Linux lebih baik daripada Windows dan dalam artikel ini, kita akan melihat kelebihan Linux daripada Windows .

Dibenak orang awam, mungkin tampak bahwa "Windows" OS ialah pilihan yang lebih baik (atau lebih mudah) bila dibandingkan dengan Linux. Dalam kedua kasus, jikalau Anda tidak menikmati memakai distro Linux maka Windows akan menjadi pilihan Anda yang jelas.

Namun, dalam kenyataannya, kita cenderung mengalami sesuatu yang berbeda, yang memungkinkan kita melompat ke kesimpulan di mana Linux lebih diatas OS Windows .

Dalam artikel ini, kita akan melihat 11 alasan besar lengan berkuasa mengapa Linux lebih baik daripada Windows:

1. Open Source Nature
Seperti apa dikala Anda membeli mobil, tetapi Anda tidak bisa melihat apa yang ada di balik kap mesin? Serupa halnya dengan ketika Anda memakai sistem Windows.

Namun, sebaliknya, Linux benar-benar merupakan proyek open source . Anda sanggup melihat aba-aba sumber dari OS Linux, yang merupakan nilai tambah.

Saya tahu, kebanyakan orang tidak peduli dengan keterbukaan Linux ini, tetapi bagi saya, ini ialah fitur yang paling penting dalam memakai GNU / Linux.

2. Aman
Mari kita hadapi itu, OS Windows rentan terhadap banyak sekali jenis serangan (atau peretasan). Namun, Linux tidak serapuh Windows. Memang tidak kebal, tetapi jauh lebih aman.

Ini hanya cara kerja Linux yang membuatnya menjadi sistem operasi yang aman. Secara keseluruhan, proses administrasi paket, konsep repositori, dan beberapa fitur lainnya memungkinkan Linux menjadi lebih kondusif daripada Windows.

Ketika Anda menginstal Windows, Anda perlu mengunduh / membeli kegiatan Antivirus untuk menjaga komputer Anda kondusif dari peretas dan malware. Namun, Linux tidak mengharuskan penggunaan kegiatan Anti-Virus semacam itu. Tentu saja, beberapa alat perangkat lunak masih ada untuk membantu Anda menjaga sistem Anda bebas dari ancaman, tetapi seringkali tidak dibutuhkan ketika Anda mempunyai sistem Linux.

Menjadi kondusif secara alami akan menciptakan segalanya lebih gampang bagi Anda dan menghemat uang juga sebab Anda tidak perlu mendapatkan perangkat lunak Antivirus premium.

3. Dapat menghidupkan kembali komputer lama
Ketika sistem operasi berevolusi, begitu juga persyaratan perangkat keras mereka meningkat secara eksponensial. Misalnya, jikalau Anda membeli salinan Windows 10 asli, Anda harus memenuhi persyaratan perangkat keras minimum untuk menjalankannya dengan sukses, dan Anda tidak sanggup menjalankannya hanya pada sistem low-end apa pun.

Namun demikian, dengan Linux, Anda bahkan sanggup memanfaatkan salah satu sistem komputer tertua Anda untuk mencapai suatu kiprah . Namun, itu tidak berarti bahwa setiap distribusi Linux akan bekerja dengan 256 MB dari RAM ditambah dengan prosesor usang. Namun, ada opsi yang sanggup Anda instal pada sistem low-end menyerupai itu (seperti Puppy Linux).

Jadi, sebagai OS yang efisien, distribusi Linux sanggup dipasang ke banyak sekali sistem (low-end atau high-end). Sebaliknya, sistem operasi Windows mempunyai persyaratan perangkat keras yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, bahkan jikalau Anda membandingkan sistem Linux high-end dan sistem Windows-powered high-end, distribusi Linux akan mengambil tepi. Nah, itulah alasan sebagian besar server di seluruh dunia lebih menentukan untuk berjalan di Linux daripada di lingkungan hosting Windows.

4. Sempurna Untuk Programmer
Linux mendukung hampir semua bahasa pemrograman utama ( Python, C / C ++, Java, Perl, Ruby, dll .). Selain itu, ia memperlihatkan banyak sekali macam aplikasi yang mempunyai kegunaan untuk tujuan pemrograman.

Terminal Linux lebih unggul daripada memakai baris perintah Windows untuk pengembang. Anda akan menemukan banyak pustaka yang dikembangkan secara native untuk Linux. Selain itu, banyak programmer memperlihatkan bahwa pengelola paket  di Linux membantu mereka menuntaskan banyak sekali hal dengan mudah.

Menariknya, kemampuan bash scripting juga merupakan salah satu alasan paling menarik mengapa programmer lebih suka memakai OS Linux.

Linux juga membawa sumbangan orisinil untuk SSH , yang akan membantu Anda mengelola server Anda dengan cepat. Anda sanggup memasukkan hal-hal menyerupai perintah apt-get yang selanjutnya menyebabkan Linux salah satu pilihan paling terkenal dari para programmer.

5. Pembaruan Perangkat Lunak
Microsoft mendorong pembaruan perangkat lunak ketika mendapatkan satu set problem atau jikalau sesuatu yang penting harus diperbaiki. Di sisi lain, Anda akan mengamati pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi problem kecil.

Jadi, dengan Linux, Anda akan melihat lebih banyak pembaruan untuk memperbaiki problem yang mungkin Anda hadapi. Anda tidak hanya akan menemukan pembaruan perangkat lunak dalam jumlah yang lebih besar, tetapi Anda juga akan mengamati pembaruan perangkat lunak yang jauh lebih cepat.

6. Kustomisasi
Salah satu laba utama memakai Linux, ialah penyesuaian. Jika Anda suka mengutak-atik penampilan sistem Anda, Linux hanya cocok untuk Anda.

Selain menginstal tema , Anda mempunyai banyak tema ikon yang indah . Selain itu, Anda sanggup memakai Conky untuk menampilkan informasi sistem pada desktop dengan cara yang paling keren. Tak perlu dikatakan bahwa Anda sanggup melaksanakan banyak hal di sekitar Wallpaper di Linux.

7. Berbagai Distribusi
Tidak ada rasa Windows. Ya, Anda mungkin mempunyai paket & paket berbeda yang berbeda dalam hal lisensi, periode aktivasi, fitur paket, dan harga.

Sebaliknya, Anda akan menemukan banyak distribusi Linux yang melayani banyak sekali kebutuhan yang berbeda. Jadi, Anda sanggup menentukan untuk menginstal salah satu distro Linux yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, ada distribusi Linux untuk peretas , ada distribusi Linux untuk pemrogram , ada distribusi Linux untuk komputer yang sangat lama . Ada Linux untuk semua orang.

8. Bebas Pakai
Linux sanggup diakses oleh publik secara gratis! Namun, itu tidak terjadi pada Windows!

Anda tidak perlu membayar 100-250 USD untuk mendapatkan salinan orisinil OS Linux (seperti Ubuntu, Fedora). Jadi, ini sepenuhnya gratis.

Jika sesuatu itu gratis tetapi bermanfaat, itu selalu merupakan hal terbaik yang bisa diharapkan. Dengan uang yang gres saja Anda simpan, Anda sanggup mempertimbangkan untuk meningkatkan sistem Anda.

9. Dukungan Komunitas yang Lebih Baik
Anda tidak perlu menyewa jago untuk memecahkan problem yang Anda hadapi pada sistem Linux Anda. Anda hanya perlu mencari thread serupa di web untuk mencari solusi atau memposting utas untuk membiarkan yang lain memecahkan masalah. Dalam beberapa menit sehabis memposting untaian di salah satu lembaga Linux , Anda mungkin mengharapkan tanggapan bersama dengan solusi terperinci yang karenanya akan membantu menuntaskan problem Anda tanpa biaya!

Ada banyak pengguna Linux aktif yang selalu siap untuk menanggapi thread yang relevan yang mungkin telah dibuat. Jumlah pengguna komunitas yang aktif di lembaga tersebut lebih dari jumlah anggota aktif di lembaga yang berfokus pada Windows.

Namun, tanggapan komunitas mungkin berbeda-beda tergantung pada distribusi Linux yang digunakan.

10. Keandalan
Windows, menyerupai yang kita tahu, menjadi lamban hari demi hari. Anda akan ingin menginstal ulang Windows sehabis beberapa dikala ketika Anda mengalami crash atau perlambatan pada sistem Anda.

Jika Anda memakai Linux, Anda tidak perlu khawatir menginstal ulang hanya untuk mengalami sistem yang lebih cepat dan lebih lancar. Linux membantu sistem Anda berjalan lancar untuk waktu yang lebih lama.

Juga, dengan Windows, Anda harus mengikuti keadaan dengan kebiasaan di mana Anda terus me-reboot sistem untuk hampir segalanya.

Jika Anda gres saja menginstal perangkat lunak, reboot!
Jika Anda baru-baru ini menguninstal perangkat lunak, reboot!
Jika Anda gres saja menginstal pembaruan Windows, reboot!
Jika sistem tampak melambat, reboot!

Namun, dalam kasus Linux, Anda tidak perlu melaksanakan reboot untuk situasi yang disebutkan di atas. Anda sanggup dengan nyaman melanjutkan pekerjaan Anda, dan Linux tidak akan mengganggu Anda.

Fakta lain yang menunjukan Linux sanggup mendapatkan amanah ialah server web. Anda sanggup mengamati bahwa sebagian besar raksasa internet menyerupai Google dan Facebook berjalan di Linux. Bahkan hampir semua superkomputer dijalankan di Linux .

Jadi, Mengapa Windows lebih disukai daripada Linux? Itu sebab Linux jauh lebih andal daripada OS Windows.

11. Privasi
Microsoft tentu saja mencoba menganonimkan data yang dikumpulkan dari setiap pengguna. Namun, itu tidak terlihat meyakinkan dengan Microsoft Windows terbaru 10. Ini telah mendapatkan banyak sekali kritik ihwal bagaimana ia mengumpulkan data , apa yang harus dikumpulkan dan apa yang seharusnya tidak.

Jika Anda pernah memakai Windows 10, Anda hanya bisa masuk ke pengaturan privasi untuk mengetahui bahwa semuanya diaktifkan secara default. Bahkan jikalau Anda menentukan keluar untuk mengirim informasi Microsoft ihwal data Anda, itu masih dikumpulkan. Tentu saja, Microsoft tidak akan repot mengungkapkannya secara resmi dengan pernyataan pers, tetapi tentu saja. Jadi, Anda akan membutuhkan seperangkat alat untuk menonaktifkan modul biro belakang layar Windows.

Sebaliknya, Linux akan menjadi solusi tepat untuk penggemar privasi. Pertama-tama, distribusi Linux tidak mengumpulkan banyak data (atau tidak ada). Selain itu, Anda tidak akan membutuhkan alat pelengkap untuk melindungi privasi Anda.

Apakah Anda juga berpikir Linux lebih baik dari Windows?

Sekarang Anda tahu laba memakai Linux, bukan Windows , bagaimana berdasarkan Anda?

Jika Anda masih akan tetap memakai Windows sebagai OS utama Anda, alasan apa yang bisa Anda pikirkan untuk memilihnya di Linux? Jika Anda sudah beralih, dan memakai Linux, manfaat apa lagi yang Anda amati?

Sekian artikel kali ini semoga menambah pengetahuan kalian, jangan lupa komen dan share ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Alasan Mengapa Linux Lebih Baik Daripada Windows"

Post a Comment