Planet Saturnus Dihujani Partikel Organik Kompleks Dari Cincinnya

Planet Saturnus Dihujani Partikel Organik Kompleks dari Cincinnya Planet Saturnus Dihujani Partikel Organik Kompleks dari Cincinnya
- Halo sahabat astronomi, kembali lagi diblog ini yang membahas perihal astronomi yang terupdate. Baru gres ini Planet Saturnus dihujani oleh partikel parikel yang ada didalam cincinya. Hal ini. erdasarkan pengamatan pesawat angkasa Cassini. Sebelum terjun ke atmosfer Saturnus pada simpulan kematiannya, pesawat ruang angkasa Cassini ini menciptakan 22 orbit planet yang mengikuti jejak yang belum pernah diambil sebelumnya: Ini terbang di antara planet dan cincinnya. Selama orbit terakhir, Ion Cassini dan Spektrometer Massa Netral (INMS) menemukan es air dan molekul organik kompleks yang mengalir dari cincin ke atmosfer planet yaitu hujan cincin. Tapi ternyata, "hujan cincin lebih ibarat hujan yang amat deras," berdasarkan Hunter Waite dari Southwest Research Institute (SWRI).

Hujan itu sendiri tidak mengejutkan. “Berdasarkan penelitian sebelumnya, para ilmuwan berharap air hujan dari cincin menuju ke atmosfer Saturnus, ”kata rekan penulis studi Kelly Miller, juga dari SwRI.

Dia menambahkan bahwa pesawat ruang angkasa itu bahkan berorientasi untuk sengaja memakai antena radionya "sebagai payung untuk melindunginya dari puing-puing. Apa yang mengejutkan dari jumlah hujan itu? "Hujan jauh lebih cepat daripada yang orang kira, "Kata Waite. Jam data hujan dengan tingkat 22.000 pound (10.000 kilogram) bahan jatuh ke planet ini dari cincinnya per detik.
Planet Saturnus Dihujani Partikel Organik Kompleks dari Cincinnya Planet Saturnus Dihujani Partikel Organik Kompleks dari Cincinnya
Hujan cincin terjadi alasannya yakni partikel dari cincin jatuh ke Saturnus. Mengikuti analisis data Cassini, para peneliti terkejut dengan jumlah molekul organik kompleks dalam hujan.

Menurut pengukuran INMS, hujan termasuk hidrogen molekuler, air, dan bahkan butana dan propana, yang dianggap "organik kompleks" oleh para astronom alasannya yakni jumlah atom karbon yang dikandungnya. Sementara hidrogen yakni komponen utama atmosfer Saturnus dan para peneliti berharap melihatnya (dan air) turun dari cincin ke planet, molekul organik kompleks yang jatuh di samping mereka kurang diharapkan.

INMS juga mengukur variasi dalam “curah hujan” antara satu orbit dan yang berikutnya. Ini dapat berarti bahwa daerah-daerah tertentu dari cincin D, cincin terdalam planet ini, secara fisik berbeda dan menghasilkan jumlah hujan yang bervariasi, atau bahwa keseluruhan curah hujan hanya mengubah laju seiring waktu.

Tim bekerja dengan hati-hati selama berbulan-bulan untuk mengkonfirmasi hasil mereka sebelum merilis penelitian. Karena kecepatan tinggi pesawat ruang angkasa dikala menukik antara planet dan cincin, INMS dapat mencicipi partikel alasannya yakni mereka mengenai detektor dan hancur. Tapi kecepatan tinggi itu tidak hanya menciptakan hasil lebih sulit untuk ditafsirkan, itu juga berarti bahwa beberapa senyawa yang terdeteksi dalam hujan hanyalah fragmen, dan gambar yang dikumpulkan Cassini mungkin tidak lengkap.

Apapun, "Itu sepadan," kata Waite. Dia menjelaskan bahwa sejumlah besar bahan yang mengalir dari cincin D ke planet kemungkinan memainkan tugas dalam kimia atmosfer Saturnus. Selanjutnya, arus keluar material berarti bahwa D yang sempurna mungkin secara teratur diisi ulang dengan cara yang sama oleh cincin berikutnya, cincin C.

Sistem cincin Saturnus yakni unik di tata surya kita, dan itu mungkin belum mengejutkan kita. Bahkan setahun sesudah transmisi terakhirnya, data Cassini masih menyimpan banyak informasi hanya menunggu untuk diungkap, dan para ilmuwan planet tetap bekerja keras, mencari apa inovasi gres yang mungkin muncul berikutnya.

Sekian gosip astronomi kali ini biar menambah wawasan bagi pembaca. Jangan lupa share ya kawan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Planet Saturnus Dihujani Partikel Organik Kompleks Dari Cincinnya"

Post a Comment