Debian Vs Ubuntu Mana Yang Terbaik Untuk Anda?

Debian vs Ubuntu Mana Yang Terbaik untuk Anda Debian vs Ubuntu Mana Yang Terbaik untuk Anda?
Halo sahabat Tekno, kembali lagi di , Memilih antara Debian atau Ubuntu yang terbaik, tergantung pada preferensi Anda perihal santunan platform, kemudahan penggunaan, tingkat kontrol pengguna dan duduk masalah utama lainnya. Debian dan Ubuntu yaitu distribusi Linux paling kuat yang pernah ada. Dari 290 distribusi aktif yang ketika ini terdaftar di Distrowatch , 131 berasal dari Debian, termasuk Ubuntu, dan 58 lainnya berasal pribadi dari Ubuntu - sekitar dua pertiga. Namun pengalaman menggunakannya berbeda dalam setiap aspek. Akibatnya, menentukan di antara mereka bukanlah hal yang mudah.

Diminta untuk menjelaskan perbedaan antara dua distribusi, sebagian besar pengguna akan menggambarkan Debian sebagai distribusi ahli, dan Ubuntu sebagai pemula. Karakterisasi ini sebagian benar, tetapi dibesar-besarkan. Reputasi Debian terletak pada negara bagiannya lebih dari satu dekade yang lalu, dan hari ini Debian memungkinkan kendali pribadi sebanyak yang dipilih setiap pengguna. Hari ini, akan lebih baik digambarkan sebagai distribusi untuk semua tingkat pengguna, asalkan mereka bersedia melaksanakan perawatan sendiri. Bantuan ekstensif pada wiki Debian menciptakan filosofi do-it-yourself ini kurang tangguh daripada yang mungkin pertama kali terdengar.

Demikian pula, Ubuntu benar-benar konsep tim desainnya yang mudah. Seharusnya kebiasaan kerja Anda tidak kompatibel dengan konsep itu, Anda mungkin menganggap Ubuntu kurang gampang dipakai daripada diiklankan, terutama jikalau Anda menentukan untuk tidak mempunyai setiap pilihan yang dibentuk untuk Anda.

Namun, meskipun Ubuntu berasal dari Debian, perbedaan mereka ditandai. Mulai dari instalasi dan desktop sampai administrasi paket dan komunitas, apa yang semua orang pikir mereka tahu perihal keduanya mungkin salah, atau setidaknya membutuhkan kualifikasi yang berat - yang semuanya menciptakan pilihan yang sempurna bagi Anda merupakan proses yang sulit.

Instalasi
Distribusi pilihan Anda mungkin tergantung pada perangkat keras Anda. Debian ketika ini dikembangkan untuk 10 arsitektur perangkat keras, mulai dari 32 standar dan 64 bit Intel ke Arm dan PowerPC, dengan beberapa arsitektur yang telah dijatuhkan baru-baru ini alasannya yaitu kurangnya pengembang untuk menjaga mereka ketika ini. Sebaliknya, Ubuntu mendukung versi 32 dan 64 bit sebagai lingkungan desktop komputer, dan mengembangkan ARM Ubuntu untuk perangkat seluler.

Kedua gambar instalasi Debian dan Ubuntu tersedia dalam sejumlah pilihan. Anda perlu mencari repositori mirror untuk menemukan gambar Debian lengkap, tetapi Debian dan Ubuntu tersedia dalam unduhan torrent dan gambar jaringan - yaitu, gambar minimal yang menuntaskan instalasi dengan menautkan ke repositori perangkat lunak daring.

Keduanya memperlihatkan gambar santunan jangka panjang, dengan santunan Debian selama tiga tahun sesudah mereka digantikan oleh rilis lain, dan Ubuntu selama lima tahun sesudah dirilis. Salah satu pertimbangan yang mungkin yaitu bahwa santunan jangka panjang Ubuntu hanya dijamin untuk meliputi rilis utama, dan tidak harus semua rasa dan remix.

Unduhan
Pertimbangan lain yaitu installer untuk setiap distribusi. Penginstal standar Ubuntu dirancang untuk membutuhkan input pengguna minimum biar instalasi tetap sederhana dan secepat mungkin. Namun, menyerupai installer Linux lainnya, installer Ubuntu cenderung mengasumsikan bahwa Anda memahami beberapa konsep dasar, menyerupai partisi disk dan kata sandi. Jika Anda mengalami masalah, Anda sanggup mencoba penginstal mode hebat - versi ringan dari Penginstal Debian.

Installer Debian terperinci mempunyai prioritas lain. Versi grafiknya yaitu GUI yang sedikit berbeda dari penginstal berbasis teks, tidak memperlihatkan laba kecuali kenyamanan bagi mereka yang gugup perihal baris perintah.

Bertentangan dengan reputasi sebelumnya Debian, biasanya sanggup diinstal dengan mengikuti isyarat online dan mendapatkan pengaturan default untuk setiap tahap. Namun, jikalau Anda memilih, Anda sanggup menciptakan pilihan individu di setiap langkah proses pemasangan, secara substansial meningkatkan waktu yang diperlukan. Daripada melayani pengguna yang tidak berpengalaman, pemasang Debian mengakomodasi semua tingkat pengguna. Ini mungkin tidak cantik, tapi, singkatnya menyusun paket Anda sendiri, Anda tidak akan menemukan installer yang lebih fleksibel.

Lingkungan Desktop
Selama instalasi, Debian memperlihatkan setengah lusin pilihan lingkungan desktop. Sebaliknya, Ubuntu dipakai untuk default ke Unity, desktop dari desainnya sendiri, tetapi, pada rilis 17.10 mendatang, akan menjadi default untuk GNOME.

Namun, pilihan yang tersedia ketika instalasi hanya sebagian dari cerita. Ubuntu menyediakan rasa alternatif dan gambar remix menyerupai Kubuntu untuk KDE dan Xubuntu untuk Xfce, serta di repositorinya. Variasi ini menyebarkan teknologi GNOME yang mendasarinya dengan Ubuntu edisi standar, dan mungkin atau mungkin tidak sinkron dengan rilis resmi lingkungan desktop mereka, memberi atau mengambil beberapa minggu. Apakah versi terbaru dari Unity akan tersedia di rilis Ubuntu berikutnya tidak pasti, meskipun proyek yang terpisah telah diumumkan untuk melanjutkan pengembangan.

Di Debian, pilihan desktop kurang lebih sama, tetapi tim yang mengembangkannya kurang terpisah dari standar Debian. Ketepatan waktu dari rilis ini bervariasi, sehingga diharapkan untuk meluangkan waktu dalam penelusuran online untuk menemukan apa yang terjadi dengan tim apa pun yang hasilnya mungkin menarik bagi Anda. Baik Linux Mint's MATE maupun Unity tersedia dari repositori Debian.

Pilihan Paket
Kecuali untuk Unity, sebagian besar perangkat lunak yang ditulis untuk Ubuntu juga tersedia untuk Debian. Perangkat lunak yang ditulis untuk Debian hampir selalu tersedia untuk Ubuntu, alasannya yaitu Ubuntu menarik paketnya dari repositori Debian. Bergantung pada di mana Debian berada dalam siklus pelepasan yang sangat lambat, perangkat lunak Ubuntu biasanya lebih mutakhir daripada Debian, tetapi sebagai tradeoff, Debian lebih teliti dan stabil - tidak hanya lebih dari Ubuntu, tetapi lebih dari hampir semua distribusi lainnya. .

Sebuah peringatan, meskipun: jangan berasumsi bahwa asal yang sama menciptakan paket kompatibel lintas. Sementara banyak paket sanggup diinstal pada Debian dan Ubuntu, sekitar dua puluh persen dari paket Ubuntu dikembangkan oleh distribusi biar sesuai dengan kebutuhan khusus Ubuntu, dan mempunyai peluang besar untuk tidak kompatibel dengan Debian alasannya yaitu perbedaan nama dan lokasi file. Sekarang Ubuntu akan memakai GNOME lagi, jumlah paket yang tidak kompatibel sanggup berkurang, meskipun ketika ini tidak pasti.

Administrasi dan Manajemen Paket
Tidak mengherankan, baik Debian dan Ubuntu mendorong penggunaan akun root untuk tujuan administratif, dan akun yang dibatasi untuk komputasi sehari-hari. Namun, model keamanan yang dipilih berbeda.

Di Debian, secara default pengguna melaksanakan pekerjaan administratif ketika masuk ke akun root, kemudian - idealnya - log out kembali secepat mungkin untuk mengurangi periode kerentanan. Ubuntu, meskipun, mengaburkan kata sandi root, alih-alih memakai sudo, dan memungkinkan setidaknya satu pengguna memasukkan kata sandi mereka sendiri untuk mengeluarkan perintah administratif. Untuk memakai sudo di Debian, Anda harus membiarkan kata sandi untuk akun root kosong ketika menginstal.

Model keamanan mana yang lebih disukai sering diperdebatkan, jadi Anda harus mencari diskusi perihal subjek sehingga Anda sanggup memutuskan yang Anda sukai. Anda juga sanggup mencari opsi untuk sudo dan memutuskan pengaturan sudo sama sekali berbeda dari default Ubuntu dan Debian.

Paket Debian dibagi menjadi tiga kategori utama: Tidak Stabil, Pengujian, dan Stabil. Paket gres masuk ke dalam stabil, dan transfer ke Pengujian ketika telah di-debug. Ketika rilis resmi disiapkan, paket ketika ini dalam Pengujian di bawah jaminan kualitas lebih lanjut, dan hasilnya menjadi Stabil baru.

Dalam beberapa tahun terakhir, repositori lain telah secara resmi atau tidak resmi ditambahkan, menyerupai Eksperimental, Lama Stabil, Keamanan, Backports, dan Pembaruan. Namun, pengguna harus memperhatikan tiga repositori utama.

Keuntungan dari sistem Debian yaitu Anda sanggup menentukan posisi di mana saja di antara dua ekstrem: stabilitas rock-solid, dengan mengorbankan perangkat lunak versi lama, atau canggih, dengan biaya perangkat lunak yang kurang kuat dan, kadang-kadang, perubahan drastis dalam teknologi yang sanggup melumpuhkan sistem pengguna yang tidak waspada. Pilihannya sanggup bergantung pada apakah Anda meng-upgrade komponen inti, menyerupai kernel Linux, atau utilitas berdikari dengan pustakanya sendiri yang tidak memengaruhi apa pun ketika terjadi bencana.

Sebaliknya, Ubuntu mendapatkan paket-paketnya dari Debian Unstable atau Testing. Alih-alih diatur oleh status pengujian, repositori Ubuntu diatur oleh kriteria lain. Utama berisi perangkat lunak yang didukung oleh perangkat lunak Canonical, Universe yang didukung oleh Komunitas Ubuntu. Dibatasi berisi driver proprietary, sementara Multiverse memegang perangkat lunak dengan hak cipta atau batasan hukum.

Perbedaan utama lainnya yaitu bahwa Debian jauh lebih didedikasikan untuk kebebasan perangkat lunak. Secara default, ia hanya menginstal perangkat lunak bebas, dan installernya bahkan berjalan sejauh ini untuk memperlihatkan kernel yang bebas dari firmware proprietary. Jika Anda ingin perangkat lunak non-bebas, Anda telah menambahkan bab Contrib dan Nonfree ke setiap repositori.

Di Ubuntu, perbedaan antara gratis dan kepemilikan jauh kurang terperinci di Ubuntu. Sementara Debian tidak menganjurkan penggunaan perangkat lunak berpemilik (meskipun memungkinkan pengguna untuk menciptakan pilihan mereka sendiri), Ubuntu mendorong pengguna untuk menginstal perangkat lunak berpemilik biar mempunyai pengalaman komputasi yang sebanding dengan yang ada pada sistem operasi komersial. Anda sanggup mendapatkan pengalaman yang sama di Debian jikalau Anda bersedia bekerja, tetapi Debian memperjelas bahwa Anda melakukannya dengan kebebasan perangkat lunak yang mahal.

Komunitas
Tidak semua pengguna peduli perihal komunitas yang menciptakan distribusinya. Tetapi bagi pengguna yang mungkin terlibat dengan pengembangan, komunitas Debian dan Ubuntu juga sanggup menjadi faktor pilihan mereka.

Debian terkenal, alasannya yaitu membahas semuanya dengan sangat rinci. Terutama isu-isu kontroversial bahkan sanggup masuk ke pemungutan bunyi umum. Setiap tahun, Debian menentukan Pemimpinnya memakai metode Condorcet , yang berbeda dengan sistem bunyi lebih banyak didominasi yang berlaku di seluruh Amerika Utara, menentukan pemenang dengan membandingkan hasil masing-masing kandidat dengan kandidat lainnya, dan umumnya dianggap sebagai salah satu dari metode paling adil untuk menentukan hasil pemilihan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Debian telah melunak, tetapi diskusi masih sanggup menjadi gratis untuk semua, terutama pada milis debian-legal. Di masa lalu, Debian telah digambarkan sebagai lingkungan yang tidak akrab bagi perempuan, dan, beberapa tahun yang lalu, perdebatan perihal mengganti init dengan systemd menjadi begitu kuat sehingga beberapa pengembang veteran mengundurkan diri lebih suka menahan kekerasan.

Pada ketika yang sama, Debian yaitu demokrasi meritokratis, dengan semua pengembang resmi mempunyai hak untuk menentukan pada Pemimpin Debian dan duduk masalah lainnya. Meskipun posisi yang ditunjuk kadang kala sanggup menjadi sumber kekuasaan, pada umumnya para pejabat Debian memimpin lebih banyak dengan saran dan diplomasi daripada perintah langsung.

Ubuntu berbeda dengan Debian alasannya yaitu mempunyai Kode Etik untuk interaksi komunitas. Sampai ketika ini, pengelola komunitas Ubuntu yaitu Jono Bacon, yang benar-benar menulis buku perihal The Art of Community , dan berusaha keras dalam penyelesaian konflik. Selain itu, Dewan Komunitas dan Dewan Teknis sebagian dipilih setiap tahun.

Namun, tampilan demokratis Ubuntu tidak menyerupai yang terlihat. Pendiri Ubuntu, Mark Shuttleworth, duduk di kedua dewan pemerintahan secara permanen, dan mengatakan bunyi yang menentukan. Shuttleworth - dan, kadang-kadang, perwakilan Canonical - juga mempunyai hak veto atas komunitas, yang di masa kemudian telah mengakibatkan beberapa pemberontakan pengguna.

• Memutuskan Antara Debian dan Ubuntu?
Pemula atau ahli? Dukungan platform? Kemudahan penggunaan atau kontrol? Terdepan atau stabilitas? Gratis atau kepemilikan? Terus terang tapi demokratis, atau secara umum sopan atau terkontrol? Seperti yang Anda lihat, menentukan antara Debian dan Ubuntu berarti apa yang penting bagi Anda.

Sebelum Anda menentukan satu distribusi di atas yang lain, putuskan di mana Anda bangkit pada semua dikotomi ini. Atau mungkin beberapa divisi ini lebih penting bagi Anda daripada yang lain.

Atau, sebaiknya Anda menghargai installer Ubuntu yang lebih sederhana, tetapi temukan distribusi yang tidak sesuai dengan impian Anda, selidiki Linux Mint , turunan Debian lain yang lebih disukai daripada Ubuntu - dan itu niscaya topik untuk hari lain.

Pada akhirnya, tidak peduli bagaimana Anda memutuskan, Anda hampir tidak sanggup terlalu jauh salah. Untuk semua perbedaan mereka, Debian dan Ubuntu tidak menjadi distribusi terdepan dalam perangkat lunak bebas secara kebetulan. Dominasi adonan mereka memperlihatkan bahwa keduanya merupakan pilihan yang sah, asalkan Anda memahami prioritas Anda. Jangan lupa komen dan share untuk menambah wawasan orang lain ya kawan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Debian Vs Ubuntu Mana Yang Terbaik Untuk Anda?"

Post a Comment